Pengadaan Komputer Dinsos Cimahi ke Puskesos Diduga Ada Penyimpangan

PERAKNEW.com – Diduga ada penyimpangan dalam pengadaan Komputer dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kota Cimahi ke Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) salah satu kelurahan Kota Cimahi. Hal ini diungkapkan oleh seorang narasumber, sebut saja Andi, bukan nama sebenarnya.

Pengadaan Komputer dari Dinas Sosial (Dinsos) Cimahi ini pasalnya pada waktu penyerahan, sekira Bulan Januari 2023, ada berita acara penyerahannya, yang menjadi unik dalam berita acara tersebut, tercantum selaku penerima bantuannya adalah Pekerja Sosial (Peksos), bukan untuk Puskesos.

Baca Juga : Alasan Dinas Luar, Kantor Dinsos Cimahi Tutup Di Hari Kerja

Lebih anehnya lagi diungkapkan Andi kepada Peraknew.com, “Komputer yang lama yang sudah ada, kondisinya masih berjalan baik, dan sedang dipakai, diambil oleh petugas Dinsos, tanpa dibuatkan berita acara pengambilannya, dalam arti diambil dengan cuma-cuma tanpa dokumen resmi pengambilannya. Padahal komputer itu adalah aset Dinsos juga, aset Pemkot Cimahi, kalau berita acaranya penyerahan penambahan 1 unit komputer, berarti Puskesos memiliki 2 unit komputer, tapi kalau yang ada diambil, seharusnya berita acaranya penukaran 1 komputer lama dengan 1 unit komputer baru dan atas hal ini, wajar kalau diduga ada penyimpangan dalam pengadaan komputer tersebut,” ungkapnya.

Menyikapi persoalan tersebut, ketika hendak dikonfirmasi, Kamis, 16 Maret 2023, Kepala Dinsos Cimahi, Drs. Ahmad Saepulloh, M.M., tidak ada di kantornya dan tidak ada satu orang pun pegawai Dinsos Cimahi ini yang ngantor. Bagaimana tidak, semua pintu ruang kerja di kantor Dinsos itu tertutup rapat dan dikunci, namun hanya ada sisa satu orang Security saja yang tetap ditugaskan menjaga keamanan kantor yang mengatakan kepada Peraknew.com, bahwa semua pegawai Dinsos sedang ada Dinas Luar, sehingga tidak ada aktivitas kerja di kantor Dinsos.

Tidak sampai disitu, Peraknew.com coba konfirmasi via WhatsApp Kadinsos Cimahi, Ahmad ini, nampak pada handphone Peraknew.com tanda Chating WhatsApp sudah dibaca, tetapi tidak ada respon balasan sama sekali dari Ahmad.

Baca Juga : Kerap Langgar Komitmen, Warga RW 06 Dangdeur Ancam Demo PT KSS

Sampai berita ini dibuat. Peraknew.com berusaha menindaklanjuti dugaan penyimpangan pengadaan komputer tersebut, hingga konfirmasi ke Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Cimahi melalui kabidnya, Epul menerangkan, “Dalam pengambilan aset daerah memang harus ada berita acara pengambilan,” ucapnya singkat. (Harold)